-->

Tips Jitu Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Hang (Macet) Dengan Mudah

Tips Jitu Cara Menagatasi  Laptop Atau Komputer Hang (Macet) Dengan Mudah. Perangkat komputer tidak selamanya dapat berjalan dengan mulus. Banyak diantara kita mengalami beberapa kendala yang membuat kita merasa tidak nyaman. 

Masalah pada perangkat komputer pada umumnya yang sering terjadi adalah munculnya kemacetan pada sistem operasi, atau dengan kata lain dengan istilah hang.

Sistem operasi komputer yang macet atau nge- hang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Faktor-faktor yang menjadi penyebab komputer hang antara lain adalah.

  1. Adanya serangan virus pada sofware aplikasi atau file-file tertentu.
  2. CPU yang terlalu panas atau over heat
  3. Terlalu panasnya VGA Card yang berlebih
  4. Memori DDR/SDRAM yang terlalu kecil sehingga kekurangan ruang kosong untuk mengoperasikan file-file tertentu.
  5. RAM yang mengalami kerusakan atau kotor
  6. Rusaknya salah satu komponen pada MOTHERBOARD
  7. Adanya ketidakcocokan hardware pada pernagkat komputer
  8. Kurangnya daya pada power supply, sehingga akan menghambat kinerja Harddisk dalam melakukan penyimpanan data.
  9. Adanya masalah Buffer Printer karena ruang memori yang kurang memadai.
  10. Adanya kerusakan software atau aplikasi pada perangkat komputer, dan lain sebagainya.
Baca juga: Cara Refresh Komputer Dengan Keyboard

Sistem operasi pada perangkat komputer dapat mengalami hang sewaktu-waktu. Tidak lain adalah pada saat kita menjalankan sistsem operasi perangkat lunak. Kejadian komputer hang yang sering terjadi dialami oleh penggguna komputer. pada saat melakukan hal-hal sebagai berikut ini.

  1. Kompter hang terjadi pada saat kita menjalankan internet
  2. Komputer nge- hang pada saat kita melakukan startup
  3. Komputer nge- hang pada saat kita masuk windows
  4. Kompter hang terjadi pada saat sedang mematikan komputer atau shut down
  5. Komputer hang dapat terjadi ketika kita sedang menjalankan printer
  6. Komputer hang dapat terjadi ketika sedang membuka aplikasi, dan lain sebagainya

Tips Jitu Mencegah Komputer Agar Tidak Mudah Hang

Cara mengatasi sistem operasi komputer yang sering macet / hang sebenarnya banyak cara untuk dilakukan. Namun tidak semua orang memperhatikan cara yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya kemacetan sistem operasi pada komputer. Berikut ini beberapa tips cara mencegah komputer hang.

  1. Lakukan Defragmentation Drive Secara Berkala
    Defragment ini bertujuan untuk mengatur ruang memori pada hard disk yang masih acak sehingga ruang memori akan tertata rapi dan memiliki ruang kosong. Hard disk yang sudah lama digunakan semakin aus. Hal seperti ini jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan timbulnya perangkat komputer macet saat menjalankan sistem operasi.

    Berikut ini cara melakukan defragment perangkat hard disk

    KLIK KANAN PADA  START MENU → OPEN WINDOWS EXPLORER → COMPUTER → KLIK KANAN pada DRIVE C  → PROPERTIES → TOOLS  → DEFRAGMENT NOW → DEFRAGMENT  DISK.

    ATAU DENGAN CARA LAIN YANG LEBIH SINGKAT SEBAGAI BERIKUT

    KLIK START → ALL PROGRAMS → ACCESSORIES → SYSTEM TOOLS → DISK DEFRAGMENTER → DEFRAGMENT DISK.
  2. Bersihkan Perangkat Komputer Dari Serangan Virus
    Keberadaan virus yang menyusup pada perangkat software dapat mempengaruhi macetnya sistem operasi pada komputer. Terlebih jenis virus yang berjalan pada browser, jenis virus ini akan memaksa user untuk menampilkan iklan saat membuka internet. Sehingga dapat memperlambat kinerja sistem operasi dan menyebabkan komputer hang.

    Jika terjadi hal seperti itu segera usir virus dari perangkat komputer sobat dengan menggunakan software/aplikasi antivirus. Saat ini banyak anivirus yang dapat di unduh secara gratis maupun berbayar. Untuk aplikasi antivirus yang berbayar tentunya memberikan hasil lebih maksimal dibandingkan sofware antivirus yang gratis.

  3. Gunakan Kipas Tambahan Agar Komponen Perangkat Komputer Tetap Dingin
    Panasnya komponen perangkat komputer juga dapat mempengaruhi sistem operasi macet atau hang. Untuk itu segera tambahkan hardware pendingin agar komputer lebih awet dan memiliki kinerja yang lebih maksimal.

Tips Jitu Mengatasi Komputer  Hang

Komputer hang sewaktu-waktu dapat terjadi, ketika kita menjalankan sistem operasi pada software terkadang mengalami macet atau ada sebuah peringatan NOT RESPONDING. Dengan adanya peringatan seperti itu, kita diminta untuk menunggu sangat lama. Sehingga akan membuat kita merasa bosan, karena banyak menyita waktu.

Dengan demikian kita dapat mengakalinya dengan merstart ulang komputer kita. Kemudian di Refresh ulang. Agar perangkat software dapat dijalankan dengan mudah dan ringan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi komputer hang atau macet saat menjalankan sistem operasi.
Untuk mengatasi aplikasi yang not responding kita dapat menggunakan tiga tombol keyboard yang ditekan secara bersamaan. Tombol-tombol tersebut anntara lain adalah

CTRL +  ALT + DEL (DELETE) → START TASK MANAGER → END TASK

Jika tidak dapat berjalan satu-satunya dengan memaksa untuk menekan tombol POWER

  1. Cara mengatasi komputer hang saat menjalankan printer
    Memori yang tersimpan dalam printer juga dapat mempengaruhi macetnya sistem operasi komputer. Memori pada printer tterbilang sangat kecil (buffer), sehingga saat melakukan pencetakan file yang terlalu besar dapat meimbulkan komputer hang. Hal ini terjadi karena tenaga CPU terkuras dengan jumlah yang sangat besar.

    Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara MENCABUT POWER PRINTER, kemudian tunggu hingga 15 detik. Selanjutnya printer dinyalakan kembali , lalu lakukan pengaturan ulang printer menjadi default.
  2. Cara mengatasi komputer hang yang muncul peringatan ”Fatal Exception Error“
    Munculnya pesan peringatan ”Fatal Exception Error“ salah satu penyebabnya adalah terjadinya kerusakan pada RAM (random access memory). Pesan tersebut menunjukkan adanya kesalahan fatal pada hardware dan perlu menggantinya.

    Hal seperti ini juga dapat membuat pengguna merasa dipusingkan. Untuk itu, kita dapat mengatasi masalah adanya pesan Fatal Exception Error. Berikut ini salah satu cara mengatasi kejadian masalah tersebut.

    1. Lakukan kepengaturan  dengan cara setting BIOS kemindian meningkatkan wait state pada RAM. Agar perangkat komputer dapat stabil. Jika masih ada peringatan  Fatal Exception Error. Dapat menggunakan cara yang kedua. Seperti di bawah ini
    2. Cara yang kedua dengan mengatur ulang pemasangan Chips RAM pada motherboard dengan benar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Jitu Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Hang (Macet) Dengan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel